Rabu, 07 September 2011

MENGENAL WATER DECAL - lapisan motif untuk helm

WATER DECAL - Solusi digital sablon tanpa mesin press

 
APA ARTI WATER DECAL?
Decal berasal dari kata  di ː kæl, di ː kəl, kl dɛ ː / atau yang artinya memindahkan (transfer dalam bahasa Inggris) adalah sebuah plastik, kain, kertas atau substrat keramik yang telah dicetak di atasnya suatu pola yang dapat pindah ke permukaan atas suatu media yang ingin dicetak, biasanya dengan bantuan panas atau air.

Kata Decal adalah singkatan dari decalcomania. Kata decalcomania berasal dari kata Prancis decalquer, dan ditemukan oleh Simon François Ravenet sekitar tahun 1750. Dan terus berkembang selama decal digandrungi pada akhir 1800-an. Pada saat ini, telah diciptakan kertas transfer decal sebagai media penting dalam proses pencetakan dari printer ke atas kebanyak jenis media leramik, kayu, vynil dll.

Tehnik sablon digital dengan Water Decal beda dengan seperti yang kita ketahui sebelumnya yaitu dengan menggunakan mesin press atau tehnik sublimasi. Walaupun sebenarnya tujuannya sama yaitu untuk mencetak keatas media sesuai seperti yang kita inginkan. Keuntungan dengan menggunakan water decal adalah media yang akan dicetak lebih fleksible, bahkan mudah ditransfer ke media yang berlekuk atau bulat. Selain cara ini tidak memerlukan peralatan / mesin dan sederhana.
KERTAS TRANSFER DECAL (WATER SLIDE DECAL TRANSFER PAPER)
Kertas decal itu adalah sebuah media transfer terbuat dari kertas yang sangat menyerap air dan diatasnya ada semacam lapisan lem yang disebut dengan “acasia glue”. yaitu lem khusus sebagai media perekat yang nanti berguna sebagai peseluncur & perekat gambar yang dibuat dari goresan atau semprotan tinta yang dicetak diatas kertas tersebut. dan gambar yang dibuat diatas kertas tersebut dapat terpisah dengan kertas dengan proses perendaman di air.
(Jadi hasil dari pencetakan kita harus dapat membentuk sebuah lapisan tipis yang solid sehingga nanti dapat terlepas keseluruhan secara bersamaan pada saat proses perendaman diair). Sesuai dengan namanya. “Water Slide transfer paper”. maka cara kerja kertas ini adalah menggunakan perendaman air.)
Kertas decal itu biasanya dipakai dalam pembuatan dekorasi yang permukaan bendanya tidak rata sehingga sulit untuk disablon atau dicetak gambar secara langsung. seperti: mug keramik (porcelain), mobil kits, robot kits, helm, tatto temporary, hiasan di kayu, dll.
Pada dasarnya proses pembuatan gambar diatas kertas decal adalah menggunakan teknik sablon (screen printing). dan jika ada yang menggunakan Printer, berarti kertas decal telah diberi lapisan dasar (pre-coated) yang dapat dicetak oleh Printer (Inkjet ataupun Laser Printer). Dan jenis “Pre-coated” tersebut pada umumnya ada 2 jenis yaitu “clear pre-coated” dan “white pre-coated”.
PROSES TEHNIK WATER DECAL
Ada beberapa  tehnik yang digunakan dalam proses pencetakan dengan water decal. Antara lain yaitu:

APLIKASI WATER DECAL PADA HELM
 
 Kebanyakan pabrikan helm, menggunakan decal untuk menimbulkan motif / pola helm. Pabrik helm banyak menggunakan Decal karena tingkat elastisitas decal berbeda dengan stiker atau kertas biasa. Decal cenderung lebih tipis dan memiliki tingkat elastisitas tinggi sehingga bisa mengikuti bentuk helm yg bulat. Di JON MOTOR, kami juga menggunakan water slide decal pada custom helm yg kami buat. Dengan tehnik tersebut kami bisa menciptakan berbagai desain helm sesuai keinginan konsumen. kemudian water slide Decal nya kami coating (dilapisi) lagi dengan clear coating khusus helm. sehingga hasilnya tampak seperti buatan pabrik. selain itu helm hasil custom pun jadi tahan lama, tahan cuaca dan tidak mudah rusak.


 

jangan ragu untuk bertanya seputar custom helm dan pembuatannya pada kami..
semoga artikel ini membantu, salam biker's!